Kenali lebih dekat sosok dari generasi terbaik ummat ini
.
Beliau adalah Ubaidullah bin Abdullah bin Utbah Bin Mas'ud, Seorang tabiin asli dari kota Madinah, salah satu perowi hadist nabi, beliau juga merupakan salah satu dari tujuh ulama kota Madinah (Fuqoha As-sab'ah). Kunyahnya Abu Abdullah, berasal dari Qabilah Hudhail dari kota Madinah Munawwaroh. .
Beliau lahir di kota Madinah dimasa kekhalifahan Umar bin Khattab atau beberapa saat setelahnya. Beliau memiliki saudara seorang muhaddist yang masyhur yaitu Aun bin Abdullah bin Utbah, beliau juga cucu dari seorang sahabat yang mulia Utbah bin Mas'ud saudara kandung dari Abdullah bin Mas'ud.
.
Beliau tumbuh besar di kota Madinah, mempelajari ilmu fiqh serta menguasainya disana, sampai beliau dinobatkan sebagai salah satu Fuqohaa Sab'ah dari kalangan tabiin pada zamannya.
.
Beliau merupakan guru ilmu adab secara khusus khalifah Umar bin Abdul Aziz selama beliau tumbuh besar di Madinah, dan selama kekhilafahan Umar bin Abdul Aziz beliau menjadi penasehat khusus kerajaan.
.
Diantara perkataan Ulama tentang beliau:
Berkata Az-zuhri: "Dia merupakan laut diantara lautan-lautan ilmu"
Berkata Al-Waqidi: "Dia adalah orang yang tsiqoh, berilmu, ahli fiqh, mempunyai banyak hafalan hadist, mengetahui banyak syiir arab, dan penglihatannya sudah tiada."
.
Beliau meninggal pada tahun 98 hijriyah, beliau memiliki penglihatan yang lemah kemudian penglihatannya hilang secara total di akhir hayatnya.

. [Siar A'lam Nubala]
.