Assalamualaikum #lovalila, Alila mau jawab pertanyaan nih. Bismillahirrahmanirrahiim...
.
Bagaimana sikap yang seharusnya kalo di tempat kerja kita terjadi kecurangan, dan dalam praktiknya kita dituntut ikut andil (curang) didalamnya?
.
Sangat banyak sekali kecurangan-kecurangan yang terjadi dilingkungan kita. Dan yang lebih parahnya lagi, kita dituntut untuk ikut menjalani dan menikmati hasil dari kecurangan tersebut. Padahal kita tahu Allah sangat melaknat bagi mereka yang berbuat curang, Allah berfirman:
"Kecelakaan besarlah bagi orang-orang yang curang" (QS. Al Muthaffifin:1)
.
Lalu seperti apa seharusnya kita menyikapi hal tersebut? Maka satu-satunya jalan kebenaran di Dunia ini hanyalah bertaqwa kepada Allah. Dan salah satu cara bertakwa kepada Allah ada Amar ma'ruf nahi mungkar seperti yang Allah firmankan:
“Dan suruhlah (manusia) mengerjakan yang baik dan cegahlah (mereka) dari perbuatan yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang diwajibkan (oleh Allah).” (QS. Luqman: 17)
.
Dalam Ayat tersebut Allah paham sekali dengan efeknya jika kita melawan kemungkaran, karena pasti akan terjadi hal yang tidak menyenangkan menimpa. Maka disitu Allah menjelaskan pula solusinya, yaitu bersabarlah jika nantinya terjadi suatu hal yang menimpa.
.
Dear Sholihah, Allah hanya menuntut kita untuk beramal yang benar dan menyampaikan kebenaran pada lingkungan disekitar kita. Tentang hasilnya berhasil atau tidak, itulah kuasa Allah. Allah ingin menilai, seberapa kuatkah ketaqwaan hambaNya dalam menjalani kehidupan, meski banyak cobaan yang mereka hadapi.
.
#SemangatFiiSabiilillaah