CHOUX PASTRY/SOES

- Marimasak

Bahan:
200 ml air
100 gram butter/margarin
1 sdm gula pasir
1/4 sdt garam
125 gram terigu, ayak
3 butir telur ukuran besar, kocok lepas

Cara membuat:
1. Campur dan panaskan air, butter, gula pasir dan garam dalam panci dgn api sedang hingga mendidih dan seluruh butter meleleh. Matikan api.
2. Masukkan terigu sekaligus dan langsung aduk rata dgn sendok kayu. Nyalakan kembali api kecil. Aduk terus adonan beberapa saat hingga licin dan kalis tidak menempel di pinggiran panci. Angkat dan biarkan hingga agak hangat.
3. Masukkan telur secara bertahap sambil diaduk rata dgn sendok kayu atau mixer kecepatan rendah. Aduk hingga menjadi adonan pasta yg licin dan lembut. Adonan tidak terlalu encer/runny, tidak juga terlalu berat/kaku. Bisa tambahkan vanilla bila suka. Masukkan adonan ke dalam piping bag gunting ujungnya sedikit
4. Siapkan loyang yg dioles tipis margarin. Semprotkan adonan secara melingkar seperti obat nyamuk bagian bawah diteruskan ke bagian atas smp selesai
5. Panaskan oven dgn suhu tinggi (190'-200'C). Pastikan oven sudah benar-benar panas ketika adonan masuk oven. Panggang hingga matang kuning kecoklatan dan permukaan kering, tidak ada lagi gelembung busa halus di permukaan kue. Jangan membuka pintu oven di tengah waktu pemanggangan.
6. Keluarkan dan dinginkan. Beri isian sesuai selera.